Langkah langkah Cara install ulang windows 7

Langkah langkah Cara install ulang windows 7

Saya pingin berbagi beberapa langkah langkah Cara install ulang windows 7lengkap dengan gambar instruksinya jikalau anda pingin menginstall kembali windows7 dengan beragam macam alasan layaknya terkena virus, dan seterusnya. jikalau anda telah buat persiapan dvd os windows 7 nya. segera saja untuk langkahnya yaitu sebagaimana berikut tahap-tahapnya :

Jika kita ingin menginstall ulang sebuah komputer, ataupun laptop, terlebih dahulu kita akan menentukan media/devices yang digunakan untuk menginstal sebuah OS, Bisa dengan CD/DVD dan juga dengan Flashdisk.

Windows 7

Setelah kita tentukan devices nya, berikutnya adalah mengatur pilihan first boot pada komputer.
Cara Pertama
Berikut adalah cara mengatur first boot pada komputernya ke CD/DVD :
1. Restart Komputermu atau saat  awal Menyala Tekan Tombol F2 untuk masuk ke menu Setup di menu Bios, atau terkadang harus menekan Tombol Del, dengan tulisan “Del To Setup”, dll sesuai menu di komputermu.

2. Dalam  menu Bios akan ada tampilan seperti di bawah ini mungkin akan berbeda di setiap komputer, tapi tinggal sesuaikan saja

Bios Menu

3. Di menu Boot, pilih Boot Device Priority, pada Menu First Boot pastikan terpilih dengan memakai CDROOM.

Menu Boot Device Priority

tekan Tombol F10 untuk menyimpan dan exit, maka komputermu akan Merestart.

Cara kedua

  1. Tancapkan USB Flashdisk yang telah berisi file Sistem yang telah dibuat sebelumnya. Jika menggunakan CD/DVD bisa dimasukkan nanti.
  2. Nyalakan komputer atau notebook
  3. segera setelah komputer dinyalakan tekan tanpa jeda tombol ESC dan F1 bergantian berulang-ulang. Akan muncul jendela biru kecil yang menawarkan kita mau boot dari mana: “Please select your boot device”
  4. Gunakan tombol panah naik turun untuk memilih. Dari hardisk, Flashdisk (merek flashdisk akan tercantum) atau cd/dvd.
  5. Jika memilih boot dari cd/dvd, masukkan dulu cd/dvd sistem, barulah tekan Enter.
  6. Tunggu sampai proses boot selesai.

Cara ketiga

  1. Tancapkan usb flasdisk sistem, untuk cd/dvd bisa menyusul.
  2. nyalakan komputer/notebook
  3. segera setelah menyalakan komputer/notebook tekan F2 berkali-kali agar tidak ketinggalan masuk ke BIOS. (Tombol yang ditekan untuk masuk BIOS pada komputer/laptop lain mungkin berbeda, ada yang menggunakan tombol Del ataupun kombinasi beberapa tombol).
    Setelah masuk ke menu BIOS, karena disini tujuan utamanya tidak mengatur first boot priority maka gunakan tombol panah ke kanan untuk memilih link Exit lalu tekan Enter
    ternyata sebelum benar-benar keluar dari BIOS, ada pilihan untuk boot dari hardisk atau cd/dvd ataukah dari usb flashdisk yang telah ditancapkan tadi.
    Masukkan cd/dvd sistem jika ingin boot dari cd/dvd.
    Gunakan tombol panah atas bawah untuk memilih.
    Setelah terpilih tekan Enter
  4. tunggu sampai proses boot selesai.

Jika sudah mengatur Boot menu nya baru kita melakukan tahapan install ulang windows 7 : 
1. Pertama atur First Boot komputer anda ke DVD, baca di artikel Cara untuk mengatur pemilihan first boot komputer. Restart komputer.
2.Ketika komputer kembali menyala akan tampil perintah “Press any key to boot from CD or DVD” segera klik pada sembarang tombol keyboard, dan akan berikutnya akan tampil proses pemuatan file seperti gambar dibawah ini:

Windows loading file

3. Berkutnya akan tampil menu pengisian Bahasa, format waktu, dan Metode Keyboard, lakukan pengisiannya seperti gambar dibawah ini, dan pilih Next :

4. Pilih Install now, maka akan tampil menu pilihan persetujuan, centang menu I accept the license terms, dan pilih Tombol Next.
5. Sekarang pilih dan klik menu Custom Advanced

6. Berikutnya akan tampil menu Drive Options seperti ini:

Saya akan jelaskan terlebih dahulu yang harus anda lakukan karena di setiap komputer pengaturan atau banyaknya drive pasti akan berbeda-beda, Yang perlu anda bedakan atau ketahui adalah Drive System Reserved dan Drive C untuk install windows 7 nya.
7. Sekarang pilih menu drive options, Pilih Disk 0 Partition 1 System Reserved dan pilih Format.
8. Pilih Disk 0 Partition yang anda yakini sebagai Drive C dan pilih Format.
9. Sekarang pilih Drive C yang telah di Format tadi dan klik tombol Next.

10. Setelah sistem mengkopi dan instalasi wondows 7, komputer akan merestart, saat menyala akan tampil kembali perintah “Press any key to boot from CD or DVD… ” dan jangan pijit tombol apapun, biarkan sampai tampil seperti gambar dibawah ini:

11. Sekarang kita masuk ke menu pengisian personalisasi windows 7 anda, pengisiannya cukup ikuti seperti gambar-gambar dibawah ini dan Step by step sampai windows 7nya berhasil terinstal :

Saya sarankan pengisian password dikosongkan terlebih dahulu dan pilih Next

Masukkan product key jika anda sudah memilikinya, atau skip jika anda ingin mengisikannya nanti.

Pilih Ask me later

Atur waktu dan timezone seperti gambar dibawah ini :

Tunggu beberapa saat, dan Windows 7 pun berhasil terinstall ulang di komputer anda.

Demikian Cara install ulang windows 7 yang bisa saya terangkan semoga bisa bermanfaat.

Bagi yang belum pernah menginstall windows 7 ke komputer atau laptop. berikut cara menginstall windows 7 lengkap dengan gambar gambarnya. Langkah2 ini baik dengan menggunakan media DVD ataupun media lain seperti memakai flashdisk adalah sama, baik itu untuk versi 32bit maupun versi 64bit, bagi yang belum punya instalasi windows7 menggunakan media flashdisk silahkan dilihat cara menginstall windows 7 menggunakan flashdisk disini.

Yuk kita mulai!.

Masukkan DVD windows 7 atau colokkan flashdisk windows 7 kita, dan kemudian booting lah memakai media yang telah kita pilih, lalu proses loading file akan dimulai.


Pilih bahasa Anda, waktu & format mata uang, keyboard atau metode input dan klik Next.

Klik Install now

Conteng I accept the license terms dan klik Next.

Klik Upgrade jika Anda sudah mempunyai versi Windows sebelumnya atau Custom (advanced)jika anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru Windows 7.

(Lewati langkah ini jika Anda memilih Upgrade dan hanya memiliki satu partisi) Pilih drive mana Anda ingin menginstal Windows 7 dan klik Next. Jika Anda ingin membuat partisi, klik opsi Drive options (advanced), buatlah partisi dan kemudian klik Next.

Sekarang akan dimulai menginstal Windows 7. Langkah pertama, (yaitu Windows mulai menyalin file) sudah dilakukan ketika anda booting DVD/fd Windows 7 sehingga akan selesai seketika.

Setelah menyelesaikan langkah pertama, ia akan memperluas (decompress) file yang telah disalin.


Langkah ketiga dan keempat juga akan diselesaikan langsung seperti langkah pertama.


Setelah itu secara otomatis akan restart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Anda juga dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.



Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang agak lamadaripada langkah sebelumnya.

Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Anda dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.




Ketik nama pengguna yang Anda inginkan dalam kotak-teks dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi.

Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik di kotak teks dan klik Next.

Ketik kunci produk Anda dalam kotak-teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin mengetik kunci produk nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan ini.

Pilih opsi yang Anda inginkan untuk Windows Update.

Pilih zona waktu dan klik Next.

Jika anda terhubung ke jaringan apapun, ia akan meminta Anda untuk menetapkan lokasi jaringan.






Nah selesai sudah proses penginstallan windows7 baik dengan menggunakan flashdisk maupun DVD.

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya.

Bagi yang belum pernah menginstall windows 8, silahkan simak:
Langkah-Langkah Cara menginstall Windows 8 Lengkap dengan Gambar
Dan Versi final Windows 8 Langkah2 intalasi Ada Disin

 

Cara install windows 7 dengan flashdisk

Sahabat hanya blogger semalam ada salah satu rekan saya yang meminta tolong untuk meng install ulang windows di laptopnya karena ada beberapa masalah yang sulit untuk di atasi, setelah saya coba install ulang melalui CD windows 7 ternyata CD tersebut tidak terbaca pada saat boot, kemudian saya mencoba membuat bootable windows 7 dengan menggunakan flashdisk dan ternyata berhasil. oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit cerita tentang cara membuat bootable windows 7 dengan flashdisk.

Sebenarnya cara ini ter inspirasi dari pengalaman saya install ubuntu di beberapa notebook menggunakan flashdisk, setelah saya coba aplikasikan pada windows 7 ternyata cara tersebut berhasil dengan sempurna. untuk membuat bootable windows 7 di flashdisk saya menggunakan aplikasi Universal USB Installer yang bisa anda dapatkan disini aplikasi ini bersifat potable jadi tidak perlu repot repot install aplikasi tesebut di laptop anda, setelah aplikasi tersebut anda unduh persiapkan file ISO windows 7 dan flashdisk yang mempunyai kapasistas cukup besar untuk menampung windows 7, kemudian jalankan aplikasi yang telah anda download tadi.

Cara install windows 7 dengan flashdisk
Memmbuat bootable windows

Pada step 1 pilih Windows 7 Installer, step 2 pilih lokasi file ISO windows 7 yang telah anda siapkan sementara step 3 posisi flashdisk yang akan anda gunakan untuk meng install windows 7. jika semua step telah di tetapkan kemudian klik create lalu tunggu hingga proses selesai. sekian dan terima kasih.

Cara Install Ulang PC/Laptop menggunakan Windows 8

 

Download Windows 7 SP1 di Sini

 

Langkah 1

Atur bios pada PC/laptop agar booting pertama menjadi ke DVD. Untuk melakukan pengaturan pada bios biasanya ketika PC menyala terdapat keterangan key/tombol mana yang harus ditekan untuk bisa masuk ke menu bios, misal tombol F2 atau tombol Del. Ketikan berada di dalam menu bios, cari pengaturan booting dan ubah booting pertamanya ke perangkat DVD. Kemudian masukan DVD Windows 7 dan restart. Ketika PC kembali menyala akan tampil perintah “Press any key to boot from CD or DVD… ” segera klik pada sembarang tombol keyboard dan PC pun mulai mempersiapkan file yang dibutuhkan untuk melakukan installasi seperti gambar di bawah.

 

Langkah 2

Setelah semua file siap, akan tampil “Starting Windows” dilanjutkan pengaturan bahasa, format waktu dan input keyboard. Atur seperti gambar di bawah kemudian klik tombol next.

 

Langkah 3

Kemudian tampilan akan terlihat seperti gambar di bawah ini, klik pada pilihan “Install now” maka pengaturan pun dimulai. Jangan lupa mencentang pilihan “I accept the license terms” ketika jendela lisensi ditampilkan, klik tombol next.

 

Langkah 4

Apabila langkah ke 3 selesai selanjutnya kita masuk ke tahap berikutnya, yaitu pilihan apakah kita akan mengupgrade sistem operasi atau melakukan install ulang pada PC kita. Pilih pilihan kedua “Custom (advanced)”.

 

Langkah 5

Langkah ke 5 adalah tahap pembagian partisi pada hardisk kita. Klik pada “Drive options (advanced)” untuk memulai melakukan partisi pada hardisk.

Pada drive option, klik “New”.

Masukkan besarnya kapasitas penyimpanan pada partisi yang akan kita buat. Pada tutorial ini saya akan membagi hardisk 80Gb menjadi 2 partisi dan mengisi angka 40000 yang artinya 40Gb untuk partisi pertama yang akan kita buat. Jangan lupa klik Apply.

Klik Ok jika terdapat peringatan seperti gambar di bawah.

Lakukan hal yang sama (Langkah 5) pada sisa hardisk yang belum terpakai, sehingga akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Klik pada “Disk 0 Partition 2″ yang nantinya akan menjadi drive C (system) kemudian klik Next.

Langkah 6

Setelah tombol next di klik (Langkah 5) maka installasi pun dimulai, sistem akan mengcopy dan melakukan installasi pada file-file yang terdapat pada DVD WIndows 7. Jika telah selesai sistem akan secara otomatis melakukan restart.

 

Langkah 7

Setelah restart, biarkan windows kembali menyala dan melanjutkan proses installasi hingga selesai. Jika telah selesai, windows akan kembali melakukan restart secara otomatis.

 

Langkah 8

Jika langkah sebelumnya telah beres, saatnya kita melakukan personalisasi pada Windows 7 yang akan kita gunakan nanti. Pertama,isikan nama pengguna (misalkna nama Anda) seperti gambar di bawah dan klik tombol next.

Jika diperlukan, isi password yang nantinya digunakan untuk masuk ke lingkungan windows yang telah diinstall dan next.

Masukan product key windows Anda dan next atau skip jika Anda belum memiliki product key.

Setelah memasukan product key (langkah sebelumnya) tahap selajutnya adalah mengatur update pada windows kita kelak, apakah secara otomatis di update, hanya bagian pentingnya yang di update atau jangan pernah melakukan update otomatis ketika terhubung dengan internet.

Berikutnya mengatur Time zone, Tanggal dan Jam. Silakan di sesuaikan dan klik next.

Tunggu sampai sistem selesai menyimpan semua pengaturan yang telah Anda buat dan berhasil :) sekarang PC Anda telah terinstall Windows 7.

 

Langkah 9

Setelah windows selesai di install, tahap selanjutnya adalah melakukan installasi driver pendukung seperti driver video, audio, bluetooh, wifi, dll.

Semoga tutorial ini dapat memberikan Anda masukan tentang tahap demi tahap melakukan installasi sistem operasi Windows 7 pada PC. Mohom maaf apabila bahasa yang digunakan terasa rancu dan tidak tepat. Silakan tinggalkan komentar Anda jika ada pertanyaan lebih lanjut.

Cara Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk - Setelah kemarin saya postingcara install windows xp menggunakan flashdisk, rasanya kurang lengkap tanpa diikuti windows seven. Untuk itu pada artikel kali ini akan saya berikan tutorial cara install windows 7 menggunakan flashdisk. Tidak seperti tutorial windows xp kemarin, untuk membuat master installer windows 7 ke usb flashdisk kita akan menggunakan software yang dirilis microsoft yaitu Windows 7 USB DVD Tool. Cara menggunakannya juga sangat mudah hanya dengan empat langkah Next..next…next…next…Finish.

Sebelum menginstall tools ini, untuk yang menggunakan windows xp sebelumnya install terlebih dahulu Image Mastering API, lalu Windows 7 USB DVD Tool karena jika tidak maka Windows 7 USB DVD Tool tidak akan dapat diinstall.

Setelah itu tancapkan flashdisk anda, pastikan flashdisk anda kosong atau tidak ada data penting didalamnya karena akan diformat nantinya dan minimal berkapasitas 4GB. Jalankan softwarenya.

Cara Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Klik tombol Browse dan tentukan dimana master windows seven anda(harus berbentuk ISO file), kemudian klik Next. Jika ketika anda klik Next muncul pesan error seperti gambar ini

Cara Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Itu karena file iso yang anda pakai tidak valid untuk digunakan pada tools ini. Cara mengatasinya cukup mudah, buka file iso windows 7 yang tidak valid tadi menggunakan software UltraISO kemudian klik menu File pilih Properties kemudian atur seperti gambar dibawah ini

Cara Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk
Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik OK lalu save dengan menekan CTRL+S. Maka file iso anda sudah valid untuk di gunakan pada Windows 7 USB DVD Tool. Jika tidak muncul error seperti diatas lanjutkan saja ke step berikutnya klik tombol USB device.

Cara Install Windows 7 Menggunakan FlashdiskCara Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Step terakhir, klik tombol Begin copying. Maka proses format dan pengcopyan file windows akan mulai berjalan tunggu hingga selesai dan USB flashdisk anda sudah siap untuk booting dan menginstall windows 7.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s