Membuat Gambar 3D

Membuat Gambar 3D Untuk Pemula

22 januari, 2013 by 

Membuat gambar 3D bagi pemula mungkin terasa sulit, harus mulai dari mana tetapi bila anda sebagai pemula sudah mahir di 2D itu bukan masalah, sekarang tinggal pemahaman gambar 3D, gambar 3D adalah gambar 2D yang di extrude (dibuat ada ketinggian), ketinggiannya akan terlihat apabila “WCS” di rubah menjadi “UCS”, selama posisi dalam keadaan “WCS” gambar 3Dnya tidak akan nampak, karena posisi “WCS” sama dengan anda melihat dari atas. Bayangkan anda melihat sebuah kotak korek api bila di lihat dari atas, maka yang terlihat hanya bentuk segi empat saja, seolah-olah korek api tersebut hanya berupa segi empat saja, sekarang posisi anda di rubah yang tadi melihat dari atas sekarang lihatlah dari sebelah samping, maka akan tampak bahwa korek api tersebut ternyata punya ketinggian.

Perlu anda ketahui fungsi extrude akan bisa di gunakan bila objeknya satu entity, misal lingkaran, ellips dan rectang, bila anda membuat kotak dengan menggunakan fungsi “LINE”, itu belum menjadi satu entity, anda harus melakukan fungsi “PEDIT” atau “REGION”, kadangkala saat melakukan pedit sulit dilakukan atau sering gagal karena ada celah yang tidak terlihat oleh mata kita, hal inilah yang sering di alami oleh para drafter pemula.

Langkah pertama kita siapkan layer atau membuat layer, pada commmand prompt ketik “layer”

Gambar 1. Bentuk layer manager yang di tampilkan.

Maksud membuat layer yang bernama “Meja”, adalah untuk memisahkan antara bagian meja dengan yang lainnya, tiada lain untuk memudahkan saat mengedit gambar, perlu anda perhatikan “gambar yang baik” adalah gambar yang mudah di edit oleh orang lain, jangan sekali-kali membuat gambar dalam satu layer di satukan dimensi, hatch dan gambar itu sendiri, hal inilah yang akan menyulitkan saat mengedit.

Setelah selesai klik apply kemudian OK, area gambar akan nampak bebas dari dialog box, sekarang anda ketik “rectang” pada command prompt

Gambar 2. Fungsi rectang tampak sedang diaktifkan.

Disini anda masukan nilai untuk kordinat pertamanya nilai “0,0″ kemudian kordinat keduanya dengan nilai “1000,500″, ini artinya anda sedang membuat meja bagian atasnya dengan panjang 1000 dan lebar 500.

Gambar 3. Gambar rectang atau segi empat bila dilihat dari atas.

Perhatikan sekali lagi kotak ini hanya berupa segi empat, dan lihat bentuk sumbu “X” dan “Y” sementara yang sumbu “Z” tidak tampak, ini menunjukan kondisi dalam keadaan “WCS”, dimana sumbu “Z” nya ada di atas, sekarang kita rubah posisi menjadi “UCS” dengan cara, arahkan kursor anda ke menu “View -> 3D Views ->Viewpoint Presets…”

Gambar 4. Memilih menu viewpoint presets.

Setelah menu “viewpoint presets” di pilih akan muncul dialog selanjutnya

Gambar 5. Dialog box untuk merubah posisi UCS.

Isilah kotak “X Axis” dengan nilai 315 dan kotak “XY Plane” dengan nilai 30, atau anda bisa di lakukan dengan meng klik kotak 315 dan sebelah kanannya angka 30 sebelah bawah. Ma ka tampilan objek gambar akan berubah.

Gambar 6. Posisi ucs sudah mulai berubah sumbu z sudah terlihat.

Sekarang anda sudah bisa melihat sumbu “Z”, sehingga ketika objek di extrude akan tampak perubahannya, pada command prompt ketik “extrude”, isi ketinggiannya dengan nilai 20 sementara untuk taper nya tekan saja tombol enter artinya kita tidak memilih nilai, yang di pilih default “<0>”.

Gambar 7, Urutan langkah extrude.

Inilah hasil extrude pada kotak meja

Gambar 8. Hasil extrude dari kotak segi empat.

Meja ini masih terlihat kasar setiap pojok masih runcing, jangan di pikirkan dulu itu nanti dikerjakan saat akan menjelang finising, termasuk warna garis mana ada kayu warnanya merah, disini yang akan di bahas trik dan cara membuat 3D, nanti di lain sesi akan di bahas soal lain.

Sekarang anda buat layer baru yang bernama “Kaki Meja” dan di set ke “set current”, pada command prompt ketik “xline” dan buat untuk “h” maupun “v”, serta pilih pojok meja bagian bawah, kemudian di offset dari kedua garis tersebut kearah dalam dengan jarak 100, ini garis bantu untuk membuat lingkaran yang akan di jadikan kaki meja, lanjutkan dengan membuat lingkaran dengan titik center perpotongan garis bantu itu, perhatikan pada gambar 10.

Gambar 9. Urutan langkah menggunakan xline dan offset.

Gambar 10. Dua buah garis bantu untuk membuat lingkaran.

Layer “Meja” supaya di matikan ini untuk memudahkan saat membuat “kaki meja”, sehingga fokus kita hanya pada kaki meja, meja ini akan kita set dengan ketinggian sekitar 45 cm atau 450 mm dari lantai sampai dengan permukaan atas meja, jadi kaki meja harus di kurangi dengan ketebalan meja yaitu 20, sehingga kaki meja akan kita extrude 450-20=430 mm, kearah bawah “-430″ (pakai tanda minus artinya extrude mengarah ke bawah.

Gambar 11. Kaki meja sudah terbentuk.

Bila kaki meja yang anda buat terlihat hanya berupa dua buah lingkaran dan dua garis vertikal, segera set “isolines” ke nilai 12 kemudian di “regen”.

Rasanya kaki meja kalau cuma lurus aja agak kurang rasa sentuhan seni, baik kita akan buat sedikit ada bentuk yang enak di lihat, ketik “circle” pilih lingkaran paling bawah dan pilih quadrant dengan radius 10, lantas di extrude setinggi 150, terus di “array” pilih polar dengan jumlah 12.

Gambar 12. Urutan dan langkah circle,extrude dan array.

Gambar 13. Lingkaran yang di extrude kemudian di array.

Langkah selanjutnya lakukan “subtract” dan hasilnya lihat pada gambar 14

 

Gambar 14. Kaki meja setelah dilakukan subtract.

Garis bantu segera hapus karena sudah tidak di butuhkan lagi, layer “Meja” supaya di hidupkan kembali, sekarang akan di lakukan proses “mirror”, pilih midpoint pada lebar meja sebelah kiri dan sebelah kanan.

Gambar 15. Urutan langkah mirror kaki meja .

Gambar 16. Hasil mirror pada kaki meja.

Berikutnya lakukan mirror terhadap kaki meja dengan memilih midpoint dari panjang meja

Gambar 17. Kaki meja sudah komplit.

Sentuhan akhir adalah melakukan “fillet” terhadap meja bagian atas agar terlihat lebih manis, untuk bagian pojok fillet dengan radius 25 dan bagian sisi panjang maupun lebar dengan nilai 5.

Gambar 18. Urutan langkah untuk fillet terhadap meja.

Gambar 19. Bentuk akhir dari meja.

Meja kita akan ganti warnanya menjadi warna kayu alami, arahkan kursor anda ke menu “View -> Render -> Materials…”

Gambar 20. Arah menuju menu material.

Setelah memilih menu material akan muncul dialog ini.

Gambar 21. Dilaog untuk material.

Kemudian anda pilih lagi atau tekan tombol “MaterialsLibrary…”

Gambar 22. Dialog box material library.

Pada kotak “Current Library” atau paling kanan pilih “Wood.Med.Ash” atau terserah anda, klik tombol “Import -> OK”. Setelah gambar 22 di klik OK kemudian menghilang yang tertinggal dialog box gambar 21.

Pada kotak “Materials” di klik “Wood.Med.Ash” terus di klik tombol “Attach” dan pilih semua objek, kemudian di OK, arahkan lagi kursor anda ke menu “View -> Render -> renders… render (pada diaalog box)”.

Inilah hasil akhir dari meja yang anda buat

selasa, 22 january 2013

Cara membuat gambar 3D

Jika anda ingin membuat ambar 3D artikel Cara membuat gambar 3D ini adalah tempatnya. Dilengkapi gambar yang mempermudah penjelasannya. alat yang dibutuhkan hanyalah Xara 3D, Inkscape, dan yang pasti gambar 2D yang akan di jadikan 3D.

1.Download dulu programnya(jika tidak tahu cara mendownload, buka:cara download):
Xara 3D full version
Inkscape 

2.Extract file tersebut(jika tidak tau cara mengextract, buka:Cara extract)

3.Masukkan gambar di Inkscape(file>open>pilih gambar)

cara membuat gambar 3D

4.Tekan Shift+Alt+B (manual:path>trace bitmap) dan ubah treshold yang ada disamping kanan Brightness cutoff menjadi 0.750 (jangan klik ok dulu. Ini akan menseleksi gambar berwarna selain putih. jika hanya ingin membuat salah satu bagian gambar saja yang di jadikan 3D, edit bagian gambar lalu jadikan layarnya putih)

cara membuat gambar 3D

5.Klik pada gambar sekali dan klik ok lalu exit dari menu trace bitmap. gambar akan menjadi hitam seperti ini:

cara membuat gambar 3D

6.Save As (jangan menggunakan save karena gambar asli akan diperlukan nanti) dengan format Enhanced Metafile(.emf)

7.Buka gambar dengan format Enhanced Metafile(.emf) dengan Xara 3D (file>open>pilih gambar)
maka akan menjadi seperti ini:

cara membuat gambar 3D dengan xara 3D

8..Drag gambar asli ke Xara 3D tepat di gambar 3D nya maka hasilnya seperti ini:

cara membuat gambar 3D dengan xara 3D

9..Jika ingin mengubah disign 3D nya, klik balok dengan panah memutarinya

cara membuat gambar 3D dengan xara 3D

10.Jika ingin membuat gambar menjadi bergerak, Tekan Ctrl+Shift+A (Animation picker) dan pilih sesuai keinginan anda

cara membuat gambar 3D dengan xara 3D

11.Jika telah selesai dan ingin menyimpannya, tekan Ctrl+Shift+X (manual:file>export animation)

12.hasil contoh adalah sebagai berikut:

gambar 3D
 Gambar 23. Hasil akhir dari meja kreasi anda.

selasa, 22 January 2013

Membuat Gambar 3D

 Ingin Membuat Gambar Seperti ini ?

 

Nih gan .
waktu ane lagi maen-maen in photoshop , ane nemuin cara membuat gambar 3D . makanya jangan cuma copas . buat kreasi sendiri dong . kalo sudah nantikan bisa buat pamer ke teman-teman . hehe . Caranya mudah kok , tidak memakan waktu yang lama juga . Cara Melihatnya pun tinggal goyangkan kepala anda untuk dapat melihat image tersebut .

>> Cekidot
Bahan
[-] Photoshop
[-] Image >> Download
Langkah
1. Open Photoshop
2. Open Image in a Download
3. New Leyer . Ctrl + N Saya menggunakan Ukuran 400 x 260
4. Pindah Image 1 ke Layer yang sudah kita buat tadi .
    Dengan Cara Drag Image ke Layer yang kita buat .
5. Lalu Pindah Juga Image 2 ke Layer yang sudah kita buat tadi .
    Dengan Cara Drag Juga .
6. Ubah Fill Menjadi 93%
    – Posisi Fill
7. Selesai .
8. Berikan Hiasan agar Sedikit Menarik🙂

*Shake Your Head to see picture

Selamat Mencoba, Semoga Post ini dapat membatu dan Bermanfaat .
Terimakasih Telah mengunjungi [IT] Indonesia Technology [IT] 

 Posted in:  by: habibi

Membuat Gambar Teknik Dari Model 3 Dimensi

14AUG

Gambar teknik terkadang diperlukan jika ingin merealisasikan suatu komponenmicrowave, misalnya waveguide, karena mudah dimengerti oleh orang-orang di bagian mekanik yang akan mengerjakan proses tersebut. Untuk microwave engineer yang lebih familiar dengan software 3 dimensi untuk simulasi dibandingkan program-program seperti AutoCAD dan teman-temannya, ada cara yang cukup mudah. Ternyata ada cara untuk mengubah model 3 dimensi yang biasa digunakan dalam software simulasi microwave, contohnya: CST, ke dalam bentuk gambar dua dimensi. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buat terlebih dahulu gambar 3 dimensi di software simulasi microwave, misalnya CST. Saya beri contoh untuk waveguide.

2. Kalau sudah selesai, ekspor model 3 dimensi tersebut ke dalam STEP file. Untuk CST (versi 2012), klik File –> Export –> STEP..

3. Buka file STEP tersebut di Autodesk Inventor Professional. Kalau belum punya, bisa download di http://students.autodesk.com. Lalu, save as file STEP tersebut ke dalam file IPT (*.ipt).

4. Klik New –> Drawing, lihat gambar di bawah:

5. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik Base (panah merah).

6. Tampilan selanjutnya adalah seperti ini, silakan atur-atur saja orientasi, skala, dll. Kalau sudah klik di tempat yang diinginkan untuk menempatkan gambar.

7. Untuk membuat proyeksi, pindahkan mouse ke posisi yang diinginkan, klik kanan, pilih create, seperti ini …

8. Untuk proyeksi pada arah lain, klik saja “Projected” (di sebelah tombol “Base” (panah merah di gambar sebelumnya)), kemudian klik gambar yang ada (sebagai contoh, saya klik gambar yang pertama kita buat/front view), pindahkan mouse ke posisi yang diinginkan (ke arah kanan misalnya), klik kanan, dan pilih “create”. Dan hasilnya adalah …

9. Agar orang-orang di bagian mekanik tidak kebingungan, kita perlu tambahkan keterangan tentang dimensi struktur kita. Caranya, klik Annotate –> Dimension:

10. Oh ya, kita juga bisa mengatur satuan yang akan digunakan, apakah mm, inchi, dll. Lihat di bagian kanan atas, Anda akan menemukan ini:

11. Bagaimana cara menambahkan keterangan dimensi di gambar? Tinggal klik-klik saja di bagian yang diinginkan :D Contoh, misalnya kita ingin menambahkan keterangan dimensi tentang lebar waveguide di gambar ini:

Klik saja dua sisi yang berhadapan sehingga berwarna biru. Nantinya panah-panah dan angka-angka seperti 20.00 akan muncul dan posisinya dapat Anda atur sesuka hati. Untuk diameter lingkaran, cukup klik saja di lingkaran tersebut.

12. Kalau sudah selesai dapat kita ekspor ke file PDF, lalu kita print, dan tentunya kita bawa hasil karya kita ke bagian mekanik untuk proses manufaktur. Berikut ini cara mengekspornya.

Dan inilah penampakan file PDF-nya. Ada “cap” otomatis dari Autodesknya kalau pakai software gratisan :D

 

 

Cara Membuat Tulisan 3D Dengan Photoshop

Sudah lama juga Media Infonetku nggak ngebahas tentang tutorial photoshop setelah update terakhir yaitu tentang Cara Membuat Kreasi Photo Dengan Photoshop. Nah sekarang Media Infonetku akan berbagi tutorial tentang Cara Membuat Tulisan 3D dengan Photoshop, contoh yang akan kita praktekkan disini seperti gambar dibawah.
Membuat Tulisan 3D Dengan Photoshop
Untungnya ketika kita membuat seperti gambar diatas, kita akan memdapatkan pelajaran baru tentang :
  1. Tekmik Mewarnai,
  2. Teknik 3D
  3. Teknik Selection
  4. dll.
Oke langsung saja
Langkah 1.
 
Buat Laman Kerja Baru dan berikan Nama “ Membuat Tulisan 3D dengan Photoshop
Dengan ukuran 3500 pixels x 2500 pixels,warna backgroud putih
Membuat Tulisan 3D Dengan Photoshop  1
Langkah 2
 
Kemudian buat layer  baru diatas layer bacground tadi atai setelah layer background.
Selanjutnya warnai layer tadi dengan menggunakan Paint Bucket Tool (G)dengan warna biru
#0076a3, Selanjutnya tambahkan noise, Klik filter>>Noise>>add Noise. buatlah seperti gambar berikut.
Dan hasilnya akan seperti gambar dibawahnya.
Membuat Tulisan 3D Dengan Photoshop 2
Membuat Tulisan 3D Dengan Photoshop 3
Langkah 3
 
Selanjutnya buatlah layer baru lagi diatas layer warna, kemudian buat nama layernya “Efek Warna”. Kemudian warnailah layer tadi dengan warna putih menggunakan Soft Round Pressure Opacity Brush
Membuat Tulisan 3D Dengan Photoshop 4

Selanjutnya ganti blending modenya menjadi Linear Light dan fill-nya menjadi 25%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s